站长统计

Agar Baju Batik Selalu Tampak Baru

Sunday, March 13, 2016


Orzha - Siapa sih yang tidak tahu sama baju batik. Sebagai baju yang merupakan ciri khas Indonesia dan bahkan sudah diakui oleh dunia jika batik merupakan warisan budaya asli Indonesia, dapat dipastikan hampir semua orang Indonesia mengetahui tentang baju batik. Tidak hanya tahu saja, dapat dipastikan, hampir seluruh warga Indonesia juga mempunyai baju batik. Yap, pesona batik memang sangatlah luar biasa mengagumkan. Umumnya kita menggunakan baju batik ketika ada acara-acara formal, acara khusus ataupun saat kerja.

Seperti yang Anda tahu, semakin sering baju batik dipakai, ia pun akan menjadi mudah lusuh, kotor serta warnanya menjadi pudar. Lantas, seperti apa sih caranya supaya baju batik tak mudah lusuh dan tampak seperti selalu baru? Nah, Anda tidak usah bingung, berikut ini cara untuk merawat baju batik supaya tampak selalu baru.

Mencuci
Ketika mencuci baju batik, pastikanlah untuk mencucinya dengan cara dipisahkan dari baju-baju yang lainnya. Jika perlu, gunakanlah sabun khusus yang digunakan hanya untuk mencuci baju batik. Dengan cara mencuci ini, baju batik pun akan tampak selalu baru dan tidak mudah lusuh, kotor maupun luntur.

Mengeringkan
Apabila telah dicuci dengan bersih, keringkanlah di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda dapat mengeringkan batik dengan cara diangin-anginkan. Hindari pula untuk mengeringkan baju batik di dalam mesin pencuci ya. Mencuci dan juga mengeringkan baju batik di mesin cuci justru bisa menjadikan baju batik menjadi gampang rusak.

Menyetrika
Jika telah kering dan akan disetrika, usahakanlah untuk menyetrikanya dengan cara yang layak. Jangan menyetrika dengan cara langsung sebab hal tersebut dapat membuat warna batik menjadi pudar. Semprotlah kain batik dengan menggunakan air kemudian taruhlah kain di atasnya. sesudah itu, Anda dapat menyetrikanya. Hal ini bisa menjadikan batik kamu tak lusuh dan warnanya pun tidak mudah pudar.

Memakai Parfum Pada Baju Batik
Supaya batik tak mudah lusuh dan warnanya tidak pudar, hindarilah untuk menyemprotkan parfum dengan cara langsung ke baju batik kamu. Apabila memang ingin menggunakan parfum, pakailah di badan. Selain wangi batik akan bertahan lama, menyemprotkan parfum pada badan akan menjadikan baju batik dan juga baju kamu yang lain tampak seperti baru.

Menyimpan Baju Batik
Simpan batik di tempat yang kering dan juga bersih. Lipat ataupun gantung dengan rapi dengan baju yang lain. Hindarilah untuk menyimpan baju batik di tempat yang lembab terlebih lagi di tempat basah. Jika perlu, simpanlah batik di wadah plastik khusus untuk menyimpan baju.

Nah, itulah cara merawat baju batik yang dapat Anda lakukan di rumah. Memang sih, sedikit ribet dan memerlukan kesabaran ekstra dalam merawat baju batik. Tetapu saat Anda melaksanakannya dengan baik, kamu akan memperoleh baju batik yang tampak selalu baru walaupun sudah digunakan berulang kali. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe